Jumat 28 Dec 2012 08:11 WIB

Wanita Arab Kristen ini Ikut Berjuang untuk Palestina

Vera Baboun
Foto: Reuters
Vera Baboun

REPUBLIKA.CO.ID, BETHLEHEM -- Masyarakat Kristen Palestina turut andil dalam proses perjuangan melawan Israel. Salah satu tokoh pilitik wanita Kristen Palestina, Vera Baboun bahkan menjadi salah satu garda terdepan dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

Wanita yang baru terpilih sebgai Gubernur Bethlehem ini menjadi salah satu pelobi utama negara Kristen untuk mendukung Palestina. Salah satu keberhasilan diplomasi Baboun adalah kala dirinya berhasil mendapat dukungan mayoritas negara Eropa untuk kemerdekaan Palestina.

Berkat relasinya dengan Italia, Baboun pun mampu mengamankan suara negara Pizza untuk memilih opsi setuju terhadap kemerdekaan Palestina di PBB. "Saya sangat senang begitu mengetahui bahwa Italia telah mendukung kami, bangsa Palestina," ujar Baboun seperti dikutip kantor berita ANSA.

Baboun yang aktif sebagai politisi Fatah ini yakin, Palestina akan segera mengusir Israel dari tanah yang disengketakan. Menurutnya, akan makin banyak bantuan dari negara internasional bagi negerinya. Sebaliknya, Israel dengan sikap destruktifnya dinilai akan menuai akibat, yakni dikucilkan masyarakat internasional.

Saat ini Baboun terus aktif sebagai gubernur Bethlehem. Dia menjadi wanita pertama yang jadi pemimpin di wilayah keramat bagi umat Kristiani tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement