Senin 31 Dec 2012 23:45 WIB

Cina Sambut Tahun Baru dengan Pesta Lampu dan Kembang Api

Pesta Kembang Api/Ilustrasi
Foto: dinidinidini.wordpress.com
Pesta Kembang Api/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,BEIJING--Cina, terutamaa ibu kota Beijing dan beberapa kota di negara itu, telah memasuki Tahun 2013, ditandai dengan warna-warni lampu dan kembang api di atas Monumen Milenium Beijing, Selasa, (1/1).

Sejumlah lampu di beberapa sudut di area monumen seluas 4,5 hektare itu telah memeriahkan detik-detik pergantian tahun sejak pukul 23.30 waktu setempat.

Tak hanya itu, bola lampu yang sangat besar telah disiapkan untuk memeriahkan penandaan datangnya tahun 2013 di tengah-tengah area monumen tersebut.

Meski udara dingin, dan agak mendung, masyarakat baik yang berdomisili di Beijing maupun yang berasal dari luar Beijing, telah memadati area monumen yang menandai kesiapan Cina memasuki abad ke-21.

Cahaya dari berbagai lampu yang dipasang di beberapa sudut monumen berganti-ganti warna menyemarakkan penghitungan mundur memasuki tahun 2013.

Lampu-lampu yang memancarkan aneka warna cahaya itu membentuk pilar-pilar kolosal, mengelilingi bola lampu raksasa.

Datangnya tahun baru ditandai dengan sorotan dari bola lampu yang masif berwarna putih ke angkasa, yang dapat disaksikan seluruh masyarakat yang berkerumun di sekitar area monumen.

Cahaya putih dari bola lampu tersebut memancar ke angkasa hingga 5.000 meter dari area monumen.

Di Hongkong dan Taiwan datangnya tahun baru ditandai dengan warna-warni dan gelegar kembang api di langit.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement