Rabu 02 Jan 2013 05:59 WIB

Inilah Delapan Negara Tujuan Utama Wisatawan Amerika

Kawasan pantai Ha Long, Vietnam
Foto: AP
Kawasan pantai Ha Long, Vietnam

REPUBLIKA.CO.ID, United States Tour Operators Association (USTOA) mengeluarkan daftar delapan besar negara tujuan turis Amerika. Kedelapan negara itu adalah Vietnam, Peru, Kamboja, Brazil, Cina, Kolombia, Kosta Rika and Ekuador. Daftar USTOA ini berdasarkan survey dari wisatawan dan profesional Amerika di bidang wisata.

Dari daftar itu, Vietnam berada di puncak negara tujuan wisata. Seperti dilansir Vietnam Investment Review, sebanyak 450 ribu wisatawan asal negeri Paman Sam datang ke Vietnam pada 2012. Secara keseluruhan, Vietnam dikunjungi 6,8 juta wisatawan tahun ini.

Tahun 2012 pula Vietnam mengalami lonjakan kedatangan wisatawan Wisatawan asal Rusia dengan angka lonjakan kenaikan 71.5 persen dibanding tahun 2011. Kenaikan juga terjadi dari kunjungan wisatawan Finland (naik 43 persen), Republik Korea 30 persen, Malaysia 28 persen, Laos 27 persen, Thailand 24 persen, dan Jepang 20 persen.

Dari jumlah total 6,8 juta wisatawan itu, umumnya datang untuk tujuan wisata. Namun, ada beberapa yang juga datang karena keperluan bisnis dan untuk mengunjungi sanak keluarga. "Walau Vietnam ada di daftar pertama, namun persentara kedatangan wisatawan di Myanmar menanjak lebih tajam seiring dengan perubahan kebijakan politik di negeri itu," tulis Vietnam Investment.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement