Kamis 03 Jan 2013 09:51 WIB

AS Tempatkan Polisi Bersenjata di Sekolah

Rep: Nur Aini/ Red: Yudha Manggala P Putra
Petugas polisi dengan senjata menyisir lingkungan sekitar Sekolah Dasar Sandy Hook usai insiden penembakan terjadi.
Foto: AP PHOTO
Petugas polisi dengan senjata menyisir lingkungan sekitar Sekolah Dasar Sandy Hook usai insiden penembakan terjadi.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW JERSEY---Negara Bagian New Jersey, Amerika Serikat menempatkan polisi bersenjata di sekolah-sekolah. Hal ini menyusul banyaknya insiden penembakan di AS akhir-akhir ini.

Petugas sekolah di Marlboro, kota di Monmouth County, New Jersey mengatakan penjaga bersenjata ditempatkan di seluruh sekolah untuk mencegah insiden lain seperti penembakan di Connecticut.

"Keselamatan dan kemananan siswa, staf, dan sekolah menjadi yang paling utama, " ujar otoritas pendidikan Marlboro dalam pernyataan yang dikutip PressTV, Kamis (3/1).

Dia mengatakan setiap sekolah akan memiliki polisi bersenjata tanpa seragam mulai 2 Januari 2013. Asosiasi Senjata Nasional juga mengusulkan penempatan polisi bersenjata di setiap sekolah setelah ada penembakan sekolah di Connecticut. 

Insiden penembakan di seluruh AS selama beberapa minggu terakhir memunculkan desakan untuk mengontrol kepemilikan senjata di negera itu. Pada 14 Desember 2012 lalu, Adam Lanza, pria berusia 20 tahun, menembak 20 siswa SD dan enam dewasa di SD Sandy Hook, Newtwon, Connecticut. Seminggu kemudian, empat orang termasuk penembak, tewas di negara bagian Pennsylvania. Sejumlah polisi juga terluka selama baku tembak. 

Setiap tahun lebih dari 30 orang ditembak dan dibunuh di AS. Studi University of Chicago menunjukkan rata-rata ada 87 kematian dan 183 terluka setiap hari di AS akibat penggunaan senjata. Setiap tahun 4,5 juta senjata api dijual di AS dengan nilai mencapai 2-3 miliar dolar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement