Sabtu 05 Jan 2013 17:41 WIB

Jepang Kerahkan Pesawat Tempur ke Pulau Sengketa

Jet tempur siluman kedua Cina, J-31.
Foto: NAVAL OPENSOURCE INTELIGENT
Jet tempur siluman kedua Cina, J-31.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Jepang mengerahkan jet-jet tempur Sabtu untuk menghadang pesawat Cina yang terbang dekat pulau-pulau yang jadi pusat sengketa antara Tokyo dan Beijing, kata seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Jepang.

Jet-jet Jepang itu dikerahkan setelah satu pesawat maritim Cina berada sekitar 120 km utara Kepulauan Senkaku, yang Cina namakan Diaoyu, sekitar pukul 12.00 waktu setempat (07.00 WIB Sabtu), kata juru bicara itu.

Pesawat turboprop Y-12 itu kemudian meninggalkan zona tersebut tanpa memasuki wilayah udara Jepang di kepulauan itu, tambahnya.

Ini adalah pertama kali jet-jet tempur Jepang dikerahkan tahun ini untuk menghadang pesawat China mendekati kepulauan itu, kata juru bicara itu.

Jepang mengirim jet-jet tempur bulan lalu setelah satu pesawat pemerintah China melanggar wilayah udaranya di kepulauan itu, sementara kapal-kapal pemerintah telah masuk dan keluar dari perairan di sana beberapa bulan lalu.

Konfrontasi-konfrontasi antara kedua negara itu sering terjadi sejak Jepang menasionalisasi pulau-pulau di Laut China Timur ituSeptember, satu tindakan yang bertujuan hanya untuk menegaskan kepemilikan kepulauan yang telah menjadi wilayah Jepang itu.

Tetapi Beijing bereaksi dengan segera, dengan para pengamat mengatakan kerusuhan-kerusuhan yang meletus di seluruh Cina menyangkut sengketa kepulauan itu dalam beberapa pekan setelah itu setidaknya secara diam-diam didukung pemerintah.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement