Kamis 10 Jan 2013 12:09 WIB

Eks Menteri Malaysia: Saya tak Dukung Habibie

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Abdullah Sammy
Tan Sri Zainuddin Maidin
Foto: The Star Online
Tan Sri Zainuddin Maidin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mantan menteri Penerangan Malaysia dan politisi UMNO Zainuddin Maidin membantah telah berubah sikap dengan memuji BJ Habibie. Setelah pada akhir tahun lalu, dia menulis opini ‘Persamaan BJ Habibie dengan Anwar Ibrahim’ yang berisi cacian terhadap menteri riset dan teknologi era Orde Baru itu.

Zainuddin untuk kedua kalinya menulis di Utusan Melayu, Selasa (8/1), berjudul ‘Yang tidak Sama antara Habibie dengan Anwar’. Tulisan kedua politisi berusia 74 tahun itu cenderung memuji presiden Republik Indonesia ketiga itu dengan menyebut Habibie sebagai pribadi yang memiliki kredibilitas tinggi dan dihormati rakyat Indonesia.

Dikonfirmasi berubah sikapnya itu, Zainuddin membantahnya. Ia menjelaskan bahwa pandangan terhadap Habibie tetap seperti semula. Tidak lupa, ia mengingatkan agar Habibie tidak lagi mencampuri urusan politik dalam negeri Malaysia dengan mendukung Anwar Ibrahim. “Saya tidak mendukungnya. Tolong baca artikel saya secara tepat,” katanya kepada Republika, Kamis (10/1).

Zainuddin melanjutkan, isi tulisannya lebih menyoroti pribadi Anwar yang telah dianggap banyak melakukan tindakan kriminal di Malaysia. Alhasil diakuinya Habibie masih lebih bersih daripada pemimpin Partai Keadilan Rakyat (PKR) yang menjadi oposisi utama pemerintah itu.

“Dibandingkan dengan Anwar Ibrahim, dia (Habibie) bersih secara moral, karena tidak korupsi, bukan gay, sangat humanis,” puji Zainuddin. “Mungkin meskipun salah di perpolitikan.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement