Kamis 10 Jan 2013 20:44 WIB

Jepang Kerahkan Jet Tempur Hadapi Pesawat Cina

Pulau Sengketa
Pulau Sengketa

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Jepang mengerahkan sejumlah jet tempur untuk menghadapi pesawat tentara Cina, yang terbang di wilayah udara kawasan sengketa kedua negara itu. Demikian seperti dilaporkan media-media Jepang pada Kamis (10/1).

Fuji TV melaporkan radar Jepang menangkap sinyal ada pesawat Cina terbang di wilayah kepulauan Senkaku atau Diaoyu seperti disebut Cina. Mereka tidak melakukan serangan, tapi memasuki wilayah udara Jepang. 

Pusat informasi Kementerian Pertahanan Jepang tidak memberikan kepastian atas kejadian itu. 

Seperti dilaporkan AFP, Kamis (10/1), Pesawat Cina pun mangkir setelah jet tempur F-15 lepas landas dari kawasan militer pulau Okinawa. 

Kapal dan pesawat Cina kerap melintas di kawasan sengketa sejak Jepang menasionalisasi kepulauan Senkaku atau Diaoyu pada September, bahkan armada China sampai mendekat ke 12 mil dari pantai.

Penjaga pantai mengaku tidak menyadari pesawat tempur Cina melintas pada Kamis.

Harian "Sankei Shimbun" melaporkan bahwa angkatan udara Jepang mengerahkan jet tempur untuk mengusir pesawat Cina, yang sering mendekat dalam beberapa bulan belakangan.

Pesawat bukan tempur juga diterbangkan empat kali pada Desember, termasuk ketika wilayah udara Jepang dilanggar, kata Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera. Angkatan udara juga bertindak sekali pada pekan lalu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement