Jumat 11 Jan 2013 13:31 WIB

Front Rakyat Pembebasan Palestina Dukung Rekonsiliasi Hamas-Fatah

Rep: Rr. Laeny Sulistyawati/ Red: Dyah Ratna Meta Novi
Aktivis Hamas Palestina.
Foto: AP/Adel Hana
Aktivis Hamas Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID,GAZA--Anggota Komite Pusat Front Rakyat untuk Pembebasan Palestina, Jameel Muzahir mengajak berbagai pihak di Palestina agar memiliki kemauan politik riil dalam mewujudkan suasana positif. Saat ini baik Hamas maupun Fatah berusaha menerapkan pasal-pasal kesepakatan rekonsiliasi sebagai satu kesatuan atau satu paket.

"Ini terutama paket soal organisasi pembebasan Palestina (PLO), keamanan, pemilihan umum, rekonsiliasi masyarakat, dan pemerintahan,’’ ujar Muzaher seperti dilansir dari Info Palestina.com, Jumat (11/1).

Muzahir menyerukan pentingnya menggelar pertemuan elit. PLO dalam membuat prinsip dasar proyek nasional Palestina dan melakukan restrukturisasi PLO harus berdasarkan prinsip nasional dan membuat format program nasional yang disepakati semua kelompok dan faksi di Palestina. "Hal ini diharapkan bisa mengatasi tantangan yang dihadapi Palestina,’’ujarnya.

Muzahir menegaskan, kondisi saat ini tidak boleh dibiarkan seperti sekarang. Situasi positif saat ini harus dimanfaatkan untuk menerapkan kesepakatan rekonsiliasi Palestina.

Sebelumnya, presiden Palestina sekaligus pimpinan gerakan Fatah Mahmud Abbas dan ketua Hamas Khaled Meshaal telah sepakat untuk mempercepat kesepakatan rekonsiliasi yang terhenti antara faksi mereka. Pertemuan yang dimediasi oleh Mesir ini terjadi di Kairo, Mesir, Rabu (9/1) malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement