Sabtu 12 Jan 2013 17:45 WIB

Obama : Pasukan Afghanistan akan Pimpin Serangan ke Taliban

Presiden AS Barack Obama.
Foto: AP Photo/Chris Carlson
Presiden AS Barack Obama.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama memutuskan untuk menyerahkan tampuk pimpinan melawan Taliban kepada pasukan Afghanistan dalam beberapa bulan ke depan. Untuk itu, pasukan AS akan berbagi ilmu dengan pasukan Afghanistan memerangi Taliban.

"Mulai musim semi ini, pasukan kami akan memiliki satu misi berbeda, melatih, memberi nasehat, membantu pasukan Afghanistan. Ini bakal menjadi sejarah dan satu langkah lain menuju untuk kedaulatan penuh Afghanistan," kata Obama.

Obama mengatakan pasukan AS siap membantu pasukan Afghanistan dalam operasi-operasi serangan ke Taliban. Presiden Afghanistan Hamid Karzai menyambut baik keputusan Obama itu. 

"Saya sangat gembira mendengar dari presiden (Obama) karena kami juga telah membicarakan hal itu. Sebelumnya pada musim semi tahun ini, pasukan Afghanistan akan memikul tanggung jawab penuh menjamin keamanan dan perlindungan kepada rakyat Afghanistan," papar Karzai.

Selepas penyerahan pimpinan melawan Taliban, maka pasukan internasional, tentara AS, tidak akan berada di desa-desa Afghanistan lagi. Sehingga tugas untuk menjaga keamanan dan melindungi rakyat Afghanistan ada di tangan pasukan Afghanistan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement