Sabtu 12 Jan 2013 20:06 WIB

2014, AS Angkat Kaki dari Afghanistan

Rep: Hannan Putra/ Red: Karta Raharja Ucu
Tentara AL Amerika Serikat di Afghanistan
Foto: US Departement of Defence
Tentara AL Amerika Serikat di Afghanistan

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Amerika Serikat berjanji bakal menarik pasukannya dari Afghanistan pada 2014 mendatang.

Janji itu diucapkan Presiden AS, Barack Obama saat bertemu Presiden Afghanistan, Hamid Karzai, di Washington, AS, Jumat (11/1). Pertemuan dua kepala negara itu juga membahas kondisi terkini tentang Afganistan.

Obama menyatakan pasukan AS di Afganistan masih mempunyai beberapa misi yang harus mereka selesaikan. “Pasukan kami akan terus berperang bersama pasukan Afghanistan jika diperlukan," kata Obama seperti dinukil dari Euronews (12/1).

"Tapi izinkan saya mengatakan hal ini sejelas dan semudah mungkin yang saya bisa, jika mulai musim semi ini pasukan kami akan memiliki misi berbeda, yaitu melatih, memberikan petunjuk, mendampingi pasukan Afghanistan."

Obama mengatakan Hamid Karzai memberikan kabar terbaru tentang peta jalan menuju perdamaian dari pemerintah. "Hari ini kami sepakat proses ini harus didahului dengan sebuah biro Taliban guna memfasilitasi perundingan,” sebut Obama.

Saat penarikan itu terjadi, Hamid Karzai dilaporkan memilih pensiun sebagai Presiden Afghanistan pada akhir 2014 mendatang.

“Dan tentu saja saya akan pensiun sebagai presiden, dan dengan sangat senang menjadi seorang pensiunan presiden,” ungkap Karzai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement