Ahad 13 Jan 2013 18:01 WIB

AS Invansi Afghanistan, Ini Alasan Obama

Presiden AS Barack Obama
Foto: AP Photo/Carolyn Kaster
Presiden AS Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyatakan, negara yang dipimpinnya memiliki alasan terkait invansi yang dilakukan terhadap Afghanistan.

"Kami menyerang Afghanistan agar memastikan bahwa Alqaidah tidak menyerang Amerika," ujar Obama dalam pidatonya Sabtu (12/1).

Seperti dilaporkan FNA (13/1) dan dikutip laman Irib, Obama menegaskan bahwa tujuan invasi militer AS ke Afghanistan untuk mencegah serangan Alqaidah ke  Amerika.

"Kami berhasil mengusir Taliban dari pangkalan-pangkalan mereka serta tujuan utama dan alasan perang kami adalah memastikan Alqaidah tidak menyerang Amerika Serikat dari Afghanistan."

Pernyataan itu dilontarkan Obama sehari pasca-pertemuan dengan sejawatnya dari Afghanistan Hamid Karzai. Obama juga menyatakan bahwa misi tentara Amerika Serikat di Afghanistan akan berubah mulai musim semi mendatang dan lebih memfokuskan pada pelatihan militer Afghanistan.

Pasca Serangan 11 September 2011, Amerika Serikat menginvasi Afghanistan dan pada bulan Desember tahun yang sama militer AS berhasil mengalahkan Taliban.

Obama juga menyatakan belum mengambil keputusan soal penarikan mundur pasukan Amerika Serikat dari Afghanistan pasca 2014.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement