Senin 14 Jan 2013 08:30 WIB

AS: Iran Perburuk Stabilitas Yaman

Rep: Nur Aini/ Red: Setyanadivita Livikacansera
  Tentara Yaman di kota Sanaa.
Foto: Khaled Abdullah/Reuters
Tentara Yaman di kota Sanaa.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Iran dinilai bekerjasama dengan oposisi di Yaman untuk memperluas pengaruhnya. Iran juga dinilai memperburuk stabilisasi regional di sekutar Teluk Hormuz.

Duta Besar Amerika untuk Yaman, Gerald Feierstein menilai Iran mendukung pemimpin Yaman Selatan meraih kemerdekaan. Dia menyebut Ali Salem al-Beidh yang mendukung kemerdekaan, merupakan salah satu dari mereka.

"Ada bukti bahwa Iran mendukung elemen oposisi selatan al-Hirak," kata dia.

Ali Salem dinilai menerima dana dari pemerintah Iran untuk mendukung operasi tersebut. "Kami yakin dia bertanggung jawab pada transisi politik di Yaman," ungkapnya.

Pemerintah Yaman juga menuduh Iran dibelakang oposisi Shi'ite Houthi yang beroperasi di wilayah utara. Namun, Iran membantah adanya intervensi politik di Yaman.

Yaman tengah menghadapi konflik internal dengan al Qaeda dan Shi'ite Muslim di wilayah utara dan selatan. Wilayah Yaman yang dekat dengan Arab Saudi dan pelabuhan penting untuk persinggahan kapal membuat Yaman strategis.

Meski demikian, sumber minyak Yaman mulai berkurang di wilayah selatan. Penduduk selatan mengeluh jika penduduk utara mendiskriminasi mereka. Pemerintah setempat membantah ada diskriminasi. Reuters Nur Aini

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement