Selasa 15 Jan 2013 12:09 WIB

Mau Dilayani Robot, Makan di Restoran Ini

Rep: Agung Sasongko/ Red: Dyah Ratna Meta Novi
robot
Foto: straitstimes
robot

REPUBLIKA.CO.ID,HARBIN--Suasana berbeda tampak di sebuah restoran, pinggiran kota Harbin, provinsi Heilongjiang. Di restoran itu tidak terlihat pelayan dengan wajah ramah yang menawarkan menu yang ada.

Tiba-tiba datang, robot berwarna biru setinggi satu meter. Spontan, robot itu berkata,"Selamat datang warga bumi, selamat datang di restoran robot,"katanya. Sementara, rekannya sesama robot tengah sibuk melayani pengunjung lainnya.

Restoran itu mempekerjakan 18 jenis robot, masing-masing mempunyai tugasnya sendiri, seperti misal robot yang menjadi koki, tugasnya dibagi-bagi ada yang membuat mie atau pangsit. Sisanya, ada yang membawa hidangan, ada yang menghibur penyanyi.

Kepala Insyinyur, Liu Hangseng mengatakan, pihak restoran menginvestasi delapan juta dollar untuk mempekerjakan robot tersebut. "Ada staf khusus yang mengawasi tim robot secara keseluruhan. Robot juga punya jam istirahat sendiri, yakni untuk memasok listrik," katanya seperti dikutip arabnews.com, Selasa (15/1).

Menurut Liu, robat hanya perlu mengisi listrik dua jam, robot dapat bekerja selama 5 jam. Restoran robot ini bukan yang pertama beroperasi. Sebelumnya di Jinan, Utara Shandong, pada tahun 2010 mengoperasikan robot guna membantu sebuah restoran melayani pelanggan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement