Selasa 15 Jan 2013 20:22 WIB

Jet Tempur Jepang dan AS Latihan Bareng

Jet Tempur. Ilustrasi.
Foto: Reuters
Jet Tempur. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Amerika Serikat dan Jepang dilaporkan menggelar latihan udara bersama, di perairan Samudera Pasifik di selat Shikoku, Selasa (15/1).

Dilaporkan AFP, Selasa (15/1), latihan bareng, yang dilakukan beberapa hari setelah pesawat tempur Cina dan Jepang saling berhadapan di dekat kepulauan sengketa, itu rencananya dilangsungkan selama lima hari. 

Latihan itu diikuti enam jet tempur FA-18 dan 90 personel militer dari AS, bersama empat jet tempur F-4 milik Jepang. Tidak disebutkan jumlah personel yang mengikuti latihan tersebut. 

Latihan dilakukan beberapa pekan setelah Perdana Menteri Shinzo Abe memenangkan pemilu dengan mutlak, menyusul kampanye yang menjanjikan untuk memperkuat aliansi militer Tokyo dengan Washington dan mengambil langkah lebih tegas terhadap Beijing.

Latihan itu juga dilakukan di tengah ketegangan antara China dan Jepang terkait kedaulatan wilayah kepulauan di Laut China Selatan yang tak juga mereda. 

Ketegangan terbaru terjadi saat Tokyo pada Kamis (15/1) mengerahkan jet tempur untuk menghadapi jet tempur Cina yang 'wara wiri' di wilayah Kepulauan Senkaku yang dikuasai Jepang dan disebut Diaoyou oleh Beijing. 

Namun, tidak terjadi kontak senjata. Jet Cina dilaporkan telah mangkir begitu jet tempur F-15 lepas landas dari kawasan militer pulau Okinawa. 

sumber : Antara, AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement