Rabu 16 Jan 2013 06:18 WIB

Raja Abdullah Ganti Gubernur Baru Madinah

Rep: Hannan Putra/ Red: Dewi Mardiani
Pemimpin Arab Saudi Raja Abdullah
Pemimpin Arab Saudi Raja Abdullah

REPUBLIKA.CO.ID, ARAB SAUDI -- Pangeran Faisal bin Salman di usia mudanya (43 tahun) diangkat menjadi gubernur Madinah menggantikan Pangeran Abdulaziz bin Majid yang sebelumnya minta dibebastugaskan dari jabatannya. Jabatan yang diemban Pangeran Faisal setara dengan jabatan menteri.

Pengangkatan tersebut diselenggarakan Senin (14/1) oleh Raja Arab Saudi Abdullah Sang pelayan dua masjid Suci yang mengangkat dua gubernur baru di masing-masing wilayah di Madinah dan Provinsi Timur. Pengangkatannya sebagai upaya Kerajaan Saudi mengikutsertakan generasi muda dalam kepemimpinan di Saudi, Seperti dilansir kantor berita Arab Saudi, SPA (15/1).

Pangeran Faisal adalah lulusan Universitas Oxford yang kemudian memimpin lembaga penerbitan terbesar di kawasan Timur Tengah, Saudi Research and Marketing Group (SRMG). Ia putra kelima dari Salman bin Abdulaziz, yang menjabat menteri pertahanan sejak Nopember 2011 dan menjadi pangeran mahkota sejak Juni 2012.

Sementara untuk Gubernur di Provinsi Timur, Raja Abdullah menunjuk Pangeran Saud bin Nayif yang jabatannya juga setara dengan jabatan menteri. Pangeran Saud menggantikan Pangeran Muhammad bin Fahd, yang juga mengundurkan diri.

Pangeran Saud yang tak lain adalah kakak dari Menteri Dalam Negeri Muhammad bin Nayif dipanggil pulang kampung setelah menjabat sebagai duta besar untuk Spanyol. Pria berusia 57 tahun itu juga pimpinan kantor pangeran mahkota dan penasehat khusus bagi pangeran mahkota Saudi.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement