Kamis 17 Jan 2013 23:59 WIB

Obama Sebut Netanyahu Pengecut

Rep: hannan putra/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Benyamin Netanyahu dan Barack Obama
Foto: REUTERS
Benyamin Netanyahu dan Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, Salah satu orang kepercayaan Presiden Barack Obama, Jeffrey Goldberg yang berprofesi sebagai jurnalis mengungkapkan orang nomor satu Amerika Serikat itu menyebut Perdana Mentri Israel, Benjamin Netanyahu disebut pengecut.  Menurut Goldberg, Sebutan itu dilontarkan Obama karena  Israel tak menampakkan itikad baiknya dalam upaya damai Israel Palestina.

Goldberg yang berprofesi sebagai jurnalis itu berbicara secara tertutup kepada MEMO, seperti dilaporkan surat kabar Israel Haaretz (17/1). Goldberg juga mengklaim Obama telah menuding Netanyahu menyebabkan Israel terisolasi di dunia internasional karena keputusannya untuk membangun beberapa unit pemukiman di zona E1.

Surat kabar Haaretz juga menyatakan bahwa selama beberapa minggu terakhir Presiden Obama berkomentar tajam tentang Netanyahu. Dia mengatakan bahwa, dia tidak mengerti apa kepentingan Israel. Surat kabar itu menyebut Goldberg sebagai orang yang sangat dipercaya Obama.

Goldberg menggambarkan momen ketika Obama diberitahu tentang keputusan Netanyahu untuk melanjutkan pembangunan pemukiman di wilayah E1 antara Yerusalem dan Maale Adumim. “Presiden tidak marah, tetapi mengatakan bahwa dia dimanfaatkan atas perilaku dari Netanyahu," ungkap  Goldberg

Dia menambahkan bahwa Obama menjadi acuh tak acuh terhadap Perdana Menteri Israel yang dianggapny berperilaku merusak diri sendiri.

Dalam beberapa minggu setelah pengakuan Palestina di PBB, Obama mengatakan, "Israel tidak tahu kepentingan yang sesungguhnya dan setiap pengumuman baru untuk pembangunan atau perluasan pemukiman, hanya menjadikan Netanyahu sebagai pemimpin yang terasing dari di dunia internasional."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement