Jumat 18 Jan 2013 05:37 WIB

Diselamatkan, Seribu Kucing Nyaris Disembelih di Cina

Sejumlah relawan di Changsa berupaya membuka kandang kayu untuk membebaskan seribu ekor kucing terlunta-lunta yang hendak dijual ke restoran.
Foto: REUTERS
Sejumlah relawan di Changsa berupaya membuka kandang kayu untuk membebaskan seribu ekor kucing terlunta-lunta yang hendak dijual ke restoran.

REPUBLIKA.CO.ID, CHANGSA, CINA--Para relawan lokal berhasil menyelamatkan sekira seribu ekor kucing yang nyaris dibantai, setelah truk yang mengangkut hewan-hewant tersebut mengalami kecelakaan di Chahngsa, Cina (15/1) lalu.

Kucing-kucing malang tersebut berdesak-desakan terperangkap dalam lebih 40 sangkar kayu di atas truk dengan rute akhir Guangdong, di mana mereka akan dijual ke restoran sebagai daging. Setelah kecelakaan, seribu kucing tadi dibiarkan terlunta-lunta terperangkap dalam kandang karena si sopir dibawa ke rumah sakit, bunyi laporan China News.

Pejabat kepolisian setempat, Wang Yujing, dan beberapa personel lain langsung memberi pengumuman ke layanan mikroblogging, Sina Weibo memanggil relawan untuk turut membantu hewan malang tersebut.

Menurut situs berita Care For Chinese Animal, puluhan relawan tiba pada keesokan pagi di lokasi kecelakaan untuk menyelamatkan para kucing. Mereka bernegosiasi dengan pemilik bisnis untuk membeli hewan-hewan tersebut yang dilaporkan terlihat kelaparan dan kehausan.

Relawan merawat seluruh kucing tersebut dengan makanan, air dan susu di lokasi sebelum memindahkan sebagian besar mereka ke  Changsha Small Animal Protection Association perawatan lebih lanjut. Beberapa hewan ada yang dibawa pulang oleh para relawan untuk dijadikan piaraan mereka.

Meski berulang kali para aktivis dan pecinta hewan melakukan protes terhadap praktik tersebut bertahun-tahun, pedagang tetap menjual kucing-kucing ke restoran di Cina karena tidak ada hukum yang mengatur perbuatan tersebut.

Para penangkap kucing memasok mayoritas hewan dalam pasar daging kucing Cina dan menjual setiap ekornya seharga 1 hingga 1 dolar kepada perantara yang mengantarkan lewat kargo.

Daging kucing termasuk salah satu santapan di sejumlah negara. Tapi khusus di Cina saja, menurut laporan China Daily, sekitar 4 juta ekor kucing dibunuh untuk dimakan dagingnya tiap tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement