Jumat 18 Jan 2013 08:48 WIB

IAEA Bahas Nuklir Iran Bulan Depan

Fasilitas nuklir Iran
Foto: telegraph.co.uk
Fasilitas nuklir Iran

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Iran dan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) mengakhiri dua-hari pembicaraan mereka di ibu kota Iran, Teheran, Kamis. Mereka sepakat bertemu pada 12 Februari untuk satu putaran negosiasi. Demikian kata kantor berita semiresmi Fars.

Teheran akan menjadi tuan rumah putaran pembicaraan berikutnya mengenai pendekatan dalam menyelesaikan masalah program nuklir negara itu. Tidak ada komentar langsung mengenai hasil dari perundingan dua hari yang berlangsung intensif tersebut.

Badan pengawas PBB dan Republik Islam diharapkan untuk menyelesaikan pendekatan terstruktur guna menyelesaikan isu-isu yang beredar mengenai dimensi militer kemungkinan program nuklir Iran. Isu tersebut dibahas dalam pertemuan yang selesai pada Kamis itu.

Kepala Pengawas Atom PBB sebelumnya mengimbau Iran bersikap konstruktif saat ia akan melakukan pembicaraan di Teheran yang bertujuan menyelesaikan dugaan penelitian persenjataan nuklir.

"Sepanjang proses ini, direktur jenderal selalu mengatakan bahwa kita melakukan pendekatan pembicaraan ini dalam semangat konstruktif," kata Nackaerts Herman dari Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA). ''Kami percaya bahwa Iran akan bekerja sama dengan kami dalam semangat yang sama pula."

sumber : Antara/Xinhua-OANA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement