Jumat 18 Jan 2013 19:32 WIB

Abe Beberkan Lima Prinsip Politik Luar Negeri Jepang

Rep: Esthi Maharani / Red: Mansyur Faqih
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe
Foto: Reuters/Luong Thai Linh/Pool
Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kunjungan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengajak Indonesia untuk menjaga kawasan. Utamanya di sekitaran laut Cina. 

Ia meminta agar Indonesia dan negara-negara kawasan, terutama di Asia Tenggara, untuk mendukung dan berupaya menjaga politik serta keamanan di kawasan. Sehingga bisa lebih kuat dan tetap dalam kondisi damai.

"Jepang berharap rakyat Indonesia dan negara Asean lainnya dapat melihat dan bekerja sama untuk hidup yang lebih baik," katanya saat memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jumat (18/1). 

Abe pun memberikan lima prinsip politik luar negeri Jepang yang berkaitan dengan kawasan Asean. Pertama, ia menginginkan agar bersama dengan anggota Asean meningkatkan nilai-nilai universal seperti demokrasi dan Ham. 

Kedua, bekerja sama untuk menjamin kebijakan laut bebas dan tidak dengan ancaman militer dan menjaga objek vital. Ketiga, menjaga kemitraan ekonomi dengan meningkatkan kerja sama di bidang investasi dan revitalisasi perekonomian. 

Keempat terkait kebudayaan yang bervariasi. Kelima, menghidupkan kembali pertukaran anak muda antara Jepang dan Indonesia. 

"Kita sepakat memperkuat kemitraan strategis," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement