Rabu 23 Jan 2013 14:53 WIB

Wow, Iran Temukan Cadangan Minyak dan Gas Baru

Ladang minyak Iran
Foto: .
Ladang minyak Iran

REPUBLIKA.CO.ID,  TEHERAN -- Iran kian mengukuhkan dirinya sebagai salah satu negara yang memiliki cadangan minyak dan gas terbesar dunia. 

Baru-baru ini, negeri Para Mullah itu menemukan cadangan minyak dan gas yang besar telah ditemukan di perbatasan timur laut dan barat negara ini dengan Turkmenistan dan Irak.

"Studi baru dan kegiatan eksplorasi di Iran mengindikasikan penemuan cadangan minyak dan gas di daerah yang berbatasan dengan Turkmenistan dan Irak," ujar Menteri Perminyakan Iran Rostam Qasemi di sela-sela Konferensi Internasional Automasi Industri Ketiga di Teheran, Selasa (22/1), seperti dikutip laman Irib.

"Cadangan gas yang besar terletak di distrik Khangiran timur laut provinsi Khorasan Razavi, namun volume yang tepat dari cadangan itu memerlukan studi seismik lebih lanjut dan pengeboran sumur baru," tegasnya.

Ia juga menegaskan pernyataan Kementerian Perminyakan Irak mengenai penemuan ladang minyak baru di perbatasan bersama kedua negara.

"Teheran akan mengadakan pembicaraan dengan para pejabat Irak atas cadangan bersama yang baru ditemukan itu," tutur Qasemi. Kementeria Perminyakan Iran mencatat lebih dari 2 miliar barel cadangan minyak mentah telah ditemukan di seluruh negeri pada tahun lalu.

Pada Desember 2012, deputi menteri perminyakan Iran mengatakan cadangan minyak mentah yang telah terbukti bernilai sekitar 37 triliun dolar AS.

Cadangan tersebut termasuk 100 miliar barel minyak mentah, 94 miliar barel kondensat, dan 207 miliar barel gas alam.

Iran menempati urutan ketiga dunia dalam hal cadangan minyak, dan kedua terbesar di dunia dari cadangan gas alamnya setelah Rusia dengan 34 triliun meter kubik cadangan gas alam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement