Kamis 24 Jan 2013 21:25 WIB

Kembali Berkuasa, Netanyahu Siap Perluas Wilayah

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Mansyur Faqih
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.
Foto: AP
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Perdana Menteri Benjamin Netanyahu kembali berkuasa setelah Partai Likud memenangkan pemilihan umum Israel, Rabu (23/1).

Partai sayap kanan itu berkoalisi dengan Partai Ultranasionalis Beiteinu Yisrael dengan  menguasai 31 dari 120 kursi di Parlemen Israel (Knesset). 

Perolehan tersebut turun 11 kursi dalam pemilihan 2009. Persoalan domestik dan keamanan geopolitik menjadi isu serius dalam kepemimpinannya mendatang. 

"Kami sadar terlalu dini memberikan harapan kepada masyarakat yang menghendaki aku meneruskan kepemimpinan," ujar Netanyahu seperti dilansir Reuters, Rabu (23/1). 

Menurutnya, akan banyak pekerjaan yang menjadi agenda prioritas dalam etape ke dua kepemimpinannya. Bibi, begitu panggilannya, menyampaikan komitmen untuk memperluas pembangunan negaranya. 

Selain ekonomi, Bibi menyinggung apa yang disebutnya sebagai pekerjaan rumah yang belum tuntas. Yakni mengenai pertahanan militer, perluasan pemukiman, dan nuklir Iran. 

"Kami akan fokus pada pembangunan dan perubahan pemerintah (dalam) tiga prinsip utama," kata dia.

Kemenangan petahana tersebut akan menampilkan panggung politik yang tidak berubah di negeri zionis itu. Hal tersebut tampak dengan akan bergabungnya banyak partai ultraortodoks dan kalangan kanan Yahudi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement