Sabtu 26 Jan 2013 06:40 WIB

Rusia Tembak Mati Gerilyawan Kaukasus Utara

Militer Rusia saat menggelar operasi militer di wilayah Kaukasus Utara.
Foto: AP
Militer Rusia saat menggelar operasi militer di wilayah Kaukasus Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Pasukan keamanan Rusia membunuh tiga militan dalam bentrokan di kawasan Kaukasus Utara, Jumat. Demikian kata pihak berwenang.

Pasukan menyerbu sebuah rumah tempat persembunyian militan di kota Chegem, dekat ibu kota Nalchik. Penyerbuan dilakukan setelah orang-orang bersenjata menolak menyerah.

"Meski upaya-upaya telah dilakukan untuk membujuk pemberontak menghentikan perlawanan, mereka menolak dan melepaskan tembakan gencar ke arah pasukan keamanan," kata Komite Anti-Terorisme Nasional dalam sebuah pernyataan. "Keputusan diambil untuk menyerbu rumah itu."

Bentrokan antara aparat keamanan dan militan merupakan hal yang biasa terjadi di provinsi-provinsi selatan Rusia yang berpenduduk mayoritas muslim.

''Pasukan Rusia membunuh 391 tersangka militan dan menangkap 461 orang di Kaukasus Utara tahun lalu,'' kata kepala operasi kementerian dalam negeri di kawasan itu, Sergei Chenchik, Jumat.

''Militan membunuh 211 aparat penegak hukum dan 78 warga sipil pada 2012,'' tambah pejabat itu seperti dikutip Kantor Berita Interfax.

Kremlin hingga kini masih berusaha mengatasi gerilyawan muslim di Kaukasus Utara, satu dasawarsa setelah pasukan federal mendongkel dominasi separatis di Chechnya.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement