Sabtu 26 Jan 2013 09:50 WIB

Uni Afrika Tambah Pasukan ke Mali

 Tentara Perancis tengah uji coba senjata di pangkalan udara Mali di Bamako, Senin (14/1). (Reuters/Joe Penney)
Tentara Perancis tengah uji coba senjata di pangkalan udara Mali di Bamako, Senin (14/1). (Reuters/Joe Penney)

REPUBLIKA.CO.ID, ADDIS ABABA -- Uni Afrika (UA) berusaha untuk meningkatkan kekuatan pasukan yang dipimpin Afrika di Mali, atau AFISMA. Negara-negara anggota UA diberikan waktu sepekan guna menyediakan tentara bagi misi itu, kata para pejabat kemarin.

"Kami pasti tahu, berdasarkan pada asumsi pertama bahwa ukuran pasukan harus ditambah secara signifikan," kata Komisaris Perdamaian dan Keamanan Uni Afrika Ramtane Lamamra, seperti dilansir AFP, Sabtu (26/1).

Lamamra mengatakan, kekuatan AFISMA harus ditingkatkan untuk lebih merespons kebutuhan di lapangan. Dia berbicara setelah pertemuan keamanan tingkat tinggi di ibu kota Ethiopia. Ia mengatakan bahwa Uni Afrika juga akan berusaha mendesak dukungan logistik "sementara" dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk AFISMA.

"Uni Afrika meminta PBB untuk memberikan wewenang pembentukan segera pengaturan sementara oleh PBB yang akan memungkinkan AFISMA cepat menyebarkan dan efektif melaksanakan mandatnya," kata Lamamra.

 

Dia menambahkan bahwa langkah-langkah itu diperlukan untuk merespons secara efektif terhadap keadaan darurat di negara Afrika Barat itu. Dukungan logistik Uni Afrika yang di diperlukan meliputi transportasi, obat-obatan dan rumah sakit lapangan, kata Lamamra.

PBB telah menyetujui penempatan pasukan berkekuatan 3.300 prajurit di bawah naungan blok ECOWAS Afrika Barat. Namun keterlibatan Chad, yang telah berkomitmen untuk mengirimkan hingga 2.000 tentara dan bukan anggota ECOWAS, berarti kekuatan sekarang bisa jauh lebih besar.

Prancis telah mengerahkan 2.300 tentara ke Mali dan para pejabat mengakui pasukan tersebut tampaknya akan melebihi 2.500 prajurit yang awalnya ditetapkan sebagai batas tertinggi.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement