Selasa 29 Jan 2013 11:40 WIB

30 April, Ratu Beatrix Serahkan Takhta ke Anaknya

Ratu Beatrix
Foto: Reuters/Scanpix nuotr
Ratu Beatrix

REPUBLIKA.CO.ID, DEN HAAG -- Ratu Beatrix dari Belanda mengumumkan akan turun takhta pada 30 April 2012 mendatang. Setelah 33 tahun berada di tahta kerajaan, Ratu Beatrix akan menyerahkan takhta Kerajaan Belanda kepada anak sulungnya, Putra Mahkota Willem-Alexander.

Ratu Beatrix mengumumkan rencana penurunan tahtanya melalui stasiun televisi nasional yang disiarkan secara langsung pada Senin (28/1). Ratu Beatrix menyatakan inilah saatnya tahta dipegang oleh sebuah generasi baru di Kerajaan Belanda setelah dirinya resmi menggantikan ibundanya, Ratu Yuliana pada 1980 silam.

Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte menyatakan bahwa Pangeran Willem-Alexander yang kini berusia 45 tahun sudah siap melaksanakan tugas barunya sebagai Raja Belanda.

"Ratu selalu berada di samping kita dalam waktu senang tetapi juga di waktu susah. Pengetahuan dan keinginannya yang besar membuatnya sebagai ikon dari Belanda," kata Rutte seperti dilansir Guardian, Selasa (29/1).

Dalam usianya kini mencapai 74 tahun, Ratu Beatrix dikenal sangat populer di kalangan rakyat. Bersama Kerajaan Belanda, ia kerapkali menunjukkan sikap normal dan membumi daripada seorang pemimpin monarki. Pengunduran dirinya sebagai ratu di Kerajaan Belanda sudah dipertimbangkan dengan matang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement