Selasa 29 Jan 2013 15:36 WIB

Monyet Luar Angkasa Iran Kembali ke Bumi

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih
Bendera Iran/ilustrasi
Foto: politico.ie
Bendera Iran/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Republik Islam Iran mengirim seekor monyet ke luar angkasa pada awal pekan ini. Monyet itu berhasil kembali ke bumi dengan selamat.

Senin (28/1), Iran meluncurkan roket Kavoshgar Pishgam yang membawa primata tersebut di ketinggian 120 kilometer. Proyek tersebut bermaksud mengirimkan hewan hidup ke luar angkasa. 

"Ini karena fisiologi monyet sangat mirip dengan manusia. Kami menggunakan monyet untuk menguji sistem pendukung kehidupan dan kondisi penerbangan," ungkap Direktur Badan Antariksa Iran, Hamid Fazeli seperti dikutip PressTV, Selasa (29/1).

Roket tersebut tertutup rapat. Namun, roket dilengkapi dengan mesin yang menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida. 

"Semua hal penting akan dikirimkan ke bumi dan kamera di dalam kabin akan merekam semuanya," kata dia.

Iran meluncurkan satelit pertama yang diproduksi dalam negeri, Omid pada 2009. Iran mengirim bio kapsul pertama yang berisi makhluk hidup ke luar angkasa pada Februari 2010. Peluncuran itu menggunakan operator dalam negeri, Kavoshgar-3. 

Iran merupakan salah satu dari 24 anggota Komite PBB dalam kesepakatan penggunaan antariksa untuk tujuan damai. Komite tersebut dibentuk pada 1959. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement