Sabtu 02 Feb 2013 10:24 WIB

Mencontek, Harvard Skors 60 Mahasiswa

Rep: Lingga Permesti/ Red: Dewi Mardiani
Aksi mencontek (ilustrasi)
Foto: pdk.or.id
Aksi mencontek (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOSTON -- Universitas Harvard memutuskan menghukum 60 mahasiswa yang terlibat kecurangan dalam ujian akhir tahun lalu. Peristiwa ini menjadi skandal akademik terbesar yang pernah menimpa universitas tersohor itu.

Dekan Fakultas Sains dan Seni Michael Smith mengatakan 60 mahasiswa telah diskors dari kegiatan akademik dan memungkinkan universitas untuk mengeluarkan mereka. "Dewan administrasi kampus telah memutuskan mereka tidak boleh mengikuti aktivitas kuliah sementara waktu," ungkapnya seperti dilaporkan Reuters, Sabtu (2/2).

Smith menambahkan skandal ini melibatkan hampir separuh lebih dari mahasiswa dalam mata kuliah tersebut. Kejadian ini terungkap saat 125 mahasiswa strata 1 mengumpulkan tugas yang mirip saat ujian musim semi.

Profesor yang menangani mata kuliah tersebut curiga setelah melihat kesamaan tugas dalam jumlah masif. Padahal mereka diminta mengerjakan secara mandiri. Koran universitas The Harvard Crimson melaporkan jumlah mahasiswa yang mengambil kelas pemerintahan adalah 279.

"Lebih dari separuh yang terlibat. 60 orang akan menjalani skors, lainnya akan menjalani hukuman percobaan. Sementara diluar angka itu tak terlibat," tukas Smith.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement