Senin 04 Feb 2013 16:52 WIB

AS Kirim Pesawat Tempur ke Mesir

Rep: Nur Aini/ Red: Citra Listya Rini
Pesawat tempur/Ilustrasi
Foto: Antara
Pesawat tempur/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Amerika Serikat (AS) mengirim empat pesawat tempur F-16 ke Mesir sebagai bagian dari bantuan militer tahunan. Pengiriman pesawat tersebut dinilai sebagai peningkatan hubungan militer kedua negara.

Menteri Pertahanan Mesir, Abdel Fattah al-Sisi, mengatakan pengiriman pesawat tempur menumbuhkan kerja sama antara Kairo dan Washington. Pejabat resmi AS dan Mesir mengadakan upacara penyerahan pesawat tersebut, Ahad (3/2) waktu setempat, di Kedutaan Besar AS di Kairo. 

Pesawat militer yang dikirim pada Januari tersebut merupakan sebagian dari 20 armada F-16 yang akan dikirimkan ke Mesir tahun ini. Sisa pesawat akan dikirimkan sebelum akhir tahun. 

PressTV menulis pengiriman itu memicu kritik di internal Kongres AS. Senator dari Partai Republik di Kentucky, Rand Paul, mengatakan pengiriman pesawat tempur ke Mesir merupakan kesalahan besar. 

Pemerintah AS sebelumnya telah mengirim 224 pesawat tempur F-16 ke Mesir. Pesawat itu merupakan pesanan mantan Presiden, Hosni Mubarak. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement