Selasa 05 Feb 2013 17:30 WIB

Ahmadinejad Ingin Kunjungi Jalur Gaza

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Citra Listya Rini
Mahmoud Ahmadinejad
Foto: Reuters/Brendan McDermid
Mahmoud Ahmadinejad

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad tiba di Kairo, Mesir, Selasa (5/2) untuk menghadiri konferensi Organisasi Solidaritas Islam. Kunjungan Ahmadinejad ini merupakan kunjungan bersejarah karena ia mencatatkan diri sebagai Presiden Iran yang pertama ke Mesir sejak 34 tahun lalu.

Presiden Mesir Mohamed Mursi menyambut hangat Ahmadinejad begitu ia turun dari pesawat di bandara. Selain agenda konferensi, Ahmadinejad juga dijadwalkan bertemu Kepala Institut Islam Sunni Imam Besar Al Azahr, Ahmad el Tayyeb.  
Kunjungan semacam itu menjadi suatu hal yang tidak mungkin selama masa pemerintahan Hosni Mubarak. Mubarak dengan gaya kepemimpinan militer justru semakin membuat jurang hubungan yang semakin dalam antara Mesir dan Barat. 
Selama berada di Kairo, Ahmadinejad juga ingin mengunjungi Gaza. Ia menambahkan, keinginannya yang lebih besar adalah menunaikan shalat di Yerusalem. "Jika mereka mengizinkan, saya ingin mengunjungi Gaza untuk melihat warga di sana," ujarnya dalam sebuah wawancara dengan televisi berita Al Mayadeen tanpa merinci siapa 'mereka' itu.
Negara-negara Teluk mengaku khawatir dengan hubungan dekat Mesir dan Iran di bawah kepemimpinan Mursi. Saat ini, Mesir sedang berusaha membangun kebijakan luar negeri setelah gejolak politik 2011 yang menggoyang tampuk presiden Hosni Mubarak. 
"Hubungan bilateral Mesir dengan negara manapun tidak akan mengorbankan keamanan Teluk," kata Menteri Luar Negeri Mesir Mohamed Kamel Amr dalam harian Egypt Independent.
 
Amr menegaskan Ahmadinejad akan berpartispasi dalam pertemuan selama dua hari yang dimulai Rabu, sama seperti kepala negara yang lain. Menurutnya, hubungan Mesir dan Iran berkembang sesuai situasi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement