Jumat 08 Feb 2013 14:52 WIB

Tindakan Assad Dinilai Sebagai Terorisme

Rep: Hannan Putra/ Red: Dewi Mardiani
Bashar al-Assad
Foto: Guardian
Bashar al-Assad

REPUBLIKA.CO.ID, Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon menyatakan kritik pedasnya yang dialamatkan kepada Presiden Suriah, Bashar Assad. Ban mengutuk tindakan militer Assad yang membantai warga sipilnya sendiri dan membumihanguskan beberapa wilayah di Suriah.

Tindakan Assad tersebut dinilai Ban sebagai tindak terorisme dan tak dapat dibenarkan. Ban juga mengecam Assad yang diklaim mengambil keuntungan dari kekacauan yang telah berlarut-larut di negaranya.

"Dia (Assad) pasti mampu menghentikan kekerasan yang telah berlarut-larut dalam waktu yang lama ini dengan menyelenggarakan dialog politik," kata Ban, seperti dikutip dari Khaleej Times, Kamis (7/2).

Dia menegaskan, tindakan Assad adalah terus melakukan pembunuhan. "Hal itulah yang menyebabkan dunia Internasional mengutuk. Warga Suriah telah frustrasi, marah, dan mereka berbalik melawan pemerintah mereka sendiri," tambah Ban.

Sementara itu, Ban menyambut baik usulan dari pemimpin oposisi Suriah, Mouaz Al Khatib, untuk menyelenggarakan perundingan politik dengan Pemerintah Suriah. Ban menyatakan harapannya agar pihak yang berwenang di Suriah bersedia menerimanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement