Jumat 08 Feb 2013 23:39 WIB

Mursi Calonkan Iyad Madani Sebagai Sekjen OKI

Rep: Hannan Putra/ Red: Hazliansyah
Presiden Mesir, Mohammed Mursi
Foto: REUTERS
Presiden Mesir, Mohammed Mursi

REPUBLIKA.CO.ID, -- Masa jabatan Sekretaris Jendral OKI, Ekmeleddin Ihsanoglu akan berakhir tahun ini. Sejumlah nama pun bermunculan. Diantara tokoh yang muncul adalah Iyad Madani dari Arab Saudi.

Presiden Mesir, Muhammad Mursi pada penutupan KTT Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Kairo secara tegas menyatakan dukungannya terhadap Iyad Madani sebagai pengganti Ihsanoglu yang telah menjabat sejak tahun 2005, seperti dikutip dari AL Awsath.com, Jumat (8/2).

Iyad Madani adalah tokoh yang sangat disegani di dunia Islam. Ia juga disebut-sebut dengan kesuksesannya saat menjabat menteri urusan haji Arab Saudi. Ia juga pernah ditempatkan sebagai menteri kebudayaan dan penerangan Saudi.

Saat ini, di usianya yang ke-67 tahun, Iyad masih beraktivitas sebagai pimpinan redaksi Saudi Gazette. Ia dianggap mempunyai kredibilitas dan kemampuan yang cakap dalam menanggapi isu-isu dunia Islam. Hal tersebut terlihat dalam pembahasannya yang tertuang melalui majalah yang dipimpinnya.

KTT OKI yang digelar di Kairo berlangsung dua hari, Rabu - Kamis (6-7/2). KTT membahas berbagai isu regional termasuk krisis Suriah. 

OKI termasuk organisasi penting regional yang memiliki kapasitas lebih untuk menyelesaikan krisis regional seperti Suriah serta menghadapi berbagai konspirasi dan fitnah yang ditujukan terhadap negara Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement