Jumat 08 Feb 2013 22:50 WIB

Patung Vodka Raksasa 'Menghilang'

monumen vodka yang dipindahkan
Foto: reuters
monumen vodka yang dipindahkan

MOSKOW -- Sebuah monumen botol vodka setinggi tiga meter di Kota Ural Glazov, Rusia, mendadak hilang dari hadapan warga. Banyak warga setempat yang dilaporkan terkejut pada Kamis (7/2) waktu setempat karena patung itu hanya tinggal alas kosong.

Padahal, patung sudah dipindahkan oleh perusahaan botol minuman setempat.Patung berbahan logam yang terletak di timur Moskow itu sudah berusia 13 tahun. Monumen vodka dibuat untuk menandai berdirinya seratus tahun pabrik vodka lokal Glazovskiy.

Bos pabrik tersebut Dmitry Pozdeev mengungkapkan, pemindahan botol raksasa itu untuk menghindari rasa kekhawatiran akibat adanya aturan baru soal iklan.

"Monumen botol bisa dilihat sebagai iklan untuk produk kami. Atas alasan ini, keputusan kami untuk memindahkannya,"ujar Dmitry. Menurutnya, monumen tersebut dipindahkan ke dalam area pabrik.

Presiden Rusia Vladimir Putin memang sudah menandatangani larangan pada semua iklan alkohol pada bulan Juli tahun lalu. Dia pun mengesahkan aturan lainnya yang telah melarang penjualan alkohol dari kios di jalan setelah jam sebelas malam.

Penurunan botol vodka raksasa itu  mencerminkan semangat baru  Rusia di bawah Presiden Vladimir Putin. Presiden yang dikenal sebagai pemegang sabuk hitam judo memang jarang tertangkap kamera televisi sedang minum vodka. Kecuali untuk bersulang saat kesepakatan minyak bernilai miliaran dolar.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement