Senin 11 Feb 2013 15:05 WIB

Tornado Rusak Puluhan Rumah di Mississippi AS

Rep: Nur Aini/ Red: Hazliansyah
Badai Tornado di Amerika Serikat
Badai Tornado di Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID, MISSISSIPPI -- Tonardo menerjang wilayah Hattiesburg, Mississipi, Amerika Serikat, pada Ahad (10/2) waktu setempat. Pusaran angin tersebut menumbangkan pepohonan, merusak puluhan rumah, serta melukai sejumlah orang.

Tornado dilaporkan menerjang jalanan utama di Hattiesburg dan merobohkan rumah, gedung komersial, hingga kampus Universitas Southern Mississippi. Otoritas setempat mengatakan sedikitnya 10 orang terluka di wilayah Forrest dan tiga orang terluka di Marion. Namun, belum ada laporan korban tewas akibat terjangan angin tersebut.

Juru bicara Badan Management Darurat Mississippi, Greg Flynn mengatakan, tornado tunggal tersebut menerjang dua wilayah dan daerah Lamar. Ratusan rumah rusak di Forrest dan puluhan rumah rusak di dua wilayah lainnya. Gubernur setempat, Phil Bryant menyatakan wilayahnya dalam status darurat.

Flynn mengatakan, luasnya cakupan kerusakan membuat pendataan lambat. "Masalahnya, tornado sangat kuat dan ada banyak puing, banyak wilayah yang belum kami jangkau, " ujar dia dikutip ABCnews, Senin (11/2).

Di sekitar kampus, pohon-pohon tumbang. Jendela-jendela di gedung rusak dan pecah. Alat berat dikerahkan untuk membersihkan jalan sekitar di tengah hujan deras.

Universitas merilis pernyataan tidak ada yang terluka. Namun, masyarakat diminta menjauhi lingkungan kampus sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement