Senin 11 Feb 2013 19:22 WIB

Paus Benediktus Mengaku Terlalu Tua

Rep: Nur Aini/ Red: Fernan Rahadi
Paus Benediktus XVI
Foto: REUTERS
Paus Benediktus XVI

REPUBLIKA.CO.ID, VATIKAN -- Paus Benediktus XVI memutuskan mundur dari posisinya akhir bulan ini. Paus berusia 85 tahun itu mengaku terlalu tua untuk meneruskan posisinya.

Ia diangkat menjadi Paus pada 2005 setelah John Paul II meninggal. Mundurnya Paus ini menjadi yang pertama di era modern. Kardinal Joseph Ratzinger merupakan paus baru tertua dalam sejarah saat terpilih. Dia dipilih pada usia 78 tahun.

Dalam kepemimpinannya di Gereja Katolik, dia menghadapi sejumlah kasus seperti skandal seks para pendeta.  "Setelah berulang kali mendengarkan hati nurani di hadapan Tuhan, saya datang dengan kepastian bahwa kekuatan saya, terkait dengan usia, tidak lagi pantas untuk pelayanan yang memadai, " ungkapnya dalam sebuah pernyataan yang dikutip BBC, Senin (11/2).

Menurutnya, dia mulai melemah dalam beberapa bulan terakhir. "Kekuatan saya dalam beberapa bulan terakhir, telah memburuk untuk meneruskan, yang saya akui merupakan ketidakmampuan saya untuk memenuhi pelayanan yang dipercayakan kepada saya, " katanya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement