Selasa 12 Feb 2013 07:30 WIB

Karachi Diserang, Tujuh Orang Tewas

Bom di Karachi
Bom di Karachi

REPUBLIKA.CO.ID,  ISLAMABAD -- Sedikitnya tujuh orang termasuk dua polisi tewas dan beberapa orang lagi cedera dalam peristiwa penembakan terpisah di Kota Pelabuhan Karachi, Pakistan selatan, Senin (11/2), kata polisi dan media setempat.

Stasiun televisi lokal, Geo, melaporkan beberapa pria tak dikenal yang bersenjata melepaskan tembakan ke arah asisten perwira polisi pada Senin siang di Daerah Landhi, Karachi, menewaskan dia di lokasi dan melukai seorang pejabat kaki.

Para penyerang kemudian melarikan diri dari tempat kejadian dan pria yang cedera dibawa ke rumah sakit. Kondisi lelaki itu dilaporkan stabil.

Pada pagi hari yang sama, dua orang termasuk seorang jagabaya ditembak hingga tewas di Daerah Bin Qasim di kota tersebut, demikian laporan Xinhua.

Dalam kejadian lain, dua penjaga keamanan ditembak hingga tewas di Daerah Garden di Karachi.

Seorang pedagang juga ditembak hingga tewas di Daerah Layari, yang bergejolak di kota tersebut, oleh dua penyerang. Beberapa sumber yang dekat dengan pedagang itu mengatakan korban sebelumnya menerima ancaman pembunuhan oleh mafia --yang melakukan pemerasan-- selama berbulan-bulan.

Dua orang cedera ketika beberapa pria tak dikenal yang bersenjata menembak satu toko di Daerah Bantwa di Kahradar, Karachi. Korban cedera itu dibawa ke satu rumah sakit yang berdekatan, tempat salah seorang dari mereka menghembuskan nafas terakhirnya.

Polisi menyatakan para penyerang berasal dari kelompok pemeras.

Ketika berbicara kepada stasiun televisi-berita swasta pada awal Januari, juru bicara Serikat Pedagang Karachi mengatakan mereka membayar jutaan rupee setiap bulan kepada para pemeras. Dan lebih dari 10 persen pedagang telah mengalihkan sebagian atau seluruh usaha mereka ke kota lain akibat situasi keamanan yang memburuk di Karachi, pusat komersial terbesar di negeri itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement