Sabtu 16 Feb 2013 03:12 WIB

Reptil di Dunia Terancam Punah

Rep: Nur Aini/ Red: Dewi Mardiani
kura kura Chelonia
Foto: ap
kura kura Chelonia

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Hampir seperlima spesies reptil yang ada di dunia terancam punah. Penelitian di Zoological Society of London menemukan 19 persen dari reptil dunia terancam lenyap.

Ahli konservasi mengonfirmasi 47 persen spesies rentan dan menyoroti kemungkinan telah punahnya tiga spesies reptil. Angka-angka tersebut berdasarkan pada sampel acak dari 1.500 spesies reptil di dunia.

"Pada dasarnya ini merupakan jajak pendapat yang menggunakan sampel untuk memberikan contoh kondisi reptil secara kesuluruhan, " ungkap penulis utama penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Biological Conservation, Monika Bohm seperti dikutip BBC, Jumat (15/2).

Penelitian tersebut dilakukan oleh 200 ahli untuk Komite konservasi alam penyelamatan spesies. Reptil merupakan kelompok vertebrata yang meliputi kura-kura, ular, kadal, dan buaya. Diperkirakan ada sekitar 9.500 spesies reptil di dunia.

"Reptil benar-benar merupakan elemen utama dalam rantai makanan alami. Mereka sama pentingnya sebagai predator ataupun mangsa, " ungkap Bohm.

Punahnya sejumlah spesies akan mengancam kelangsungan rantai makanan. Kehilangan sumber makanan akan mengubah rantai makanan secara signifikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement