Sabtu 16 Feb 2013 17:54 WIB

Hamas-Israel Bahas Blokade Gaza

Blokade Gaza
Blokade Gaza

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Israel dan Hamas melakukan perundingan tidak langsung mengenai pencabutan blokade terhadap daerah Gaza. Demikian dilaporkan stasiun televisi Saluran 2, Jumat (15/2). 

Laporan itu mengatakan perundingan itu telah berlangsung "selama beberapa minggu," dan melibatkan para perwira militer Israel. Kedua pihak berunding melalui para penengah Mesir.

Laporan di saluran televisi swasta itu menyatakan perundingan-perundingan tersebtu merupakan bagian dari perjanjian-perjanjian yang dicapai antara Israel dan Gaza setelah konflik sepekan berdarah di dan sekitar Jalur Gaza September tahun lalu.

Perundingan-perundingan itu termasuk pembukaan pelintasan Rafah di perbatasan Gaza dengan Mesir untuk mengizinkan pengiriman bahan-bahan bangunan dari Qatar serta memungkinkan produk pertanian dari Gaza memasuki Israel.

Seorang juru bicara Hamas, Jumat mengatakan  dalam dua pekan belakangan ini tidak ada perundingan, tetapi pada pekan lalu ada kontak antara wakil-wakil mereka dan Mesir mengenai pelaksanaan gencatan senjata.

Pada November tahun lalu, pejabat senior Hamas Mussa Abu Marzuk mengatakan satu delegasi Israel menurut rencana akan berada di Kairo untuk melakukan perundingan tidak langsung dengan Hamas mengenai pencabutan blokade atas Gaza.

Israel melarang barang-barang masuk ke Gaza sejak 2006, ketika para pejuang Palestina menangkap seorang serdadu Israel dalam satu serangan lintas perbatasan.

Blokade itu diperketat setahun kemudian setelah Hamas menguasai Gaza dari pesaingnya Fatah dalam pertempuran yang meletus setelah kelompok Islam itu meraih kemenangan dalam pemilihan legislatif.

Pada Desember, Israel mengumumkan pihaknya mengizinkan bahan-bahan bangunan untuk swasta memasuki Gaza untuk pertama kali sejak 2007.

sumber : Antara/ AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement