Selasa 19 Feb 2013 14:37 WIB

Hugo Chavez Kembali ke Venezuela

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Dewi Mardiani
Presiden Venezuela Hugo Chavez didampingi oleh kedua putrinya. Chavez saat pemulihan dari operasi kanker di Havana, Kuba.
Foto: AP
Presiden Venezuela Hugo Chavez didampingi oleh kedua putrinya. Chavez saat pemulihan dari operasi kanker di Havana, Kuba.

REPUBLIKA.CO.ID,  VENEZUELA -- Presiden Venezuela, Hugo Chavez, telah kembali ke negaranya setelah mendapatkan perawatan kanker di Kuba. Dalam tiga pesan yang diposting di Twitter, Chavez (58 tahun) mengucapkan terima kasih kepada Presiden Kuba dan mantan pemimpin Raul dan Fidel Castro.

 

Ia juga berterima kasih atas dukungan Venezuela dan mengatakan dia akan melanjutkan pengobatan di negara asalnya. Chavez telah menjadi presiden selama 14 tahun dan terpilih kembali untuk masa jabatan enam tahun pada Oktober 2012. Namun, pelantikan itu ditunda karena penyakitnya.

 

Presiden Venezuela itu pergi ke Havana untuk operasi pada 11 Desember 2012 yang merupakan operasi keempat dalam 18 bulan ini untuk mengatasi kanker yang didiagnosis pada pertengahan 2011.

 

Seperti dikutip di BBC pekan lalu, foto pertamanya sejak operasi disiarkan oleh pemerintah Venezuela. Dalam foto tersebut, ia tersenyum saat berbaring di tempat tidur sambil membaca koran, dengan dua putrinya di sisinya.

 

Chavez mengumumkan kembali ke Venezuela di Twitter. Namun, tidak ada informasi mengenai kapan ia kembali dan aktif mengambil tugas kantor. Media lokal mengutip Wakil Presiden, Nicolas Maduro yang mengatakan bahwa Chavez mendarat pukul 2:30 waktu setempat (6:30 GMT). Lalu dipindahkan ke Rumah Sakit Militer di Caracas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement