Selasa 19 Feb 2013 16:26 WIB

Rusia dan Yordania Kerja Sama Proyek Energi Nuklir

Rep: Nur Aini/ Red: Djibril Muhammad
Rusia dan Yordania
Foto: www.crossed-flag-pins.com
Rusia dan Yordania

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Raja Yordania akan bertemu untuk membahas proyek pembangkit listrik tenaga nuklir pertama di negara Arab.

Kremlin memberi pernyataan Senin (18/2) waktu setempat, dua pemimpin negara akan menghadiri pembicaraan bilateral mengenai perdagangan, termasuk kerja sama nuklir. 

"Pembicaraan akan fokus pada perluasan kerja sama perdagangan dan implementasi proyek bersama skala luas," ungkap Kremlin seperti dilansir PressTV, Selasa (19/2).

Pemimpin negara tersebut akan menjajaki partisipasi Rusia dalam konstruksi pembangkit listrik tenaga nuklir pertama di Kerajaan Yordania. Mereka juga bekerja sama dalam pembangunan infrastruktur dan pertambangan. 

Pada 2008, Yordania pertama kali mengumumkan akan membangun fasilitas nuklir sendiri. Mereka akan mengeksplorasi uranium dalam negeri.

Perusahaan nuklir Rusia, Rosatom, merupakan kontraktor potensial untuk proyek atom Yordania tersebut. Yordania saat ini bergantung pada bahan bakar fosil, namun masih mengimpor 97 persen listrik dari negara tetangga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement