Kamis 21 Feb 2013 08:46 WIB

Universitas Stanford Pecahan Rekor 1 Miliar Dolar AS

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Mansyur Faqih
Mahasiswa sedang belajar (Ilustrasi)
Foto: BBC
Mahasiswa sedang belajar (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Stanford menjadi perguruan tinggi Amerika Serikat pertama yang meraih pendapatan lebih dari satu miliar dolar AS dalam waktu setahun.

Sebuah lembaga survei di California menyebutan bahwa 3.500 universitas di AS meraih total 31 miliar dolar AS. Atau 2,3 persen lebih banyak dari tahun lalu.

Sepuluh sekolah terbaik, termasuk Harvard dan Yale, menyumbang 17 persen dari total penggalangan dana. Tapi jumlah tersebut sebenarnya lebih sedikit dari rekor sepanjang masa yang terjadi pada 2008.

Unversitas Stanford memecahan rekor pendapatan karena dibantu oleh lonjakan sumbangan pada akhir kampanye penggalangan dana tahun jamak. Serta kampanye baru untuk rumah sakit dan sekolah kedokteran.

Pendiri perusahaan teknologi besar seperti Yahoo, yang merupakan alumni sekolah itu, juga ikut menyumbang sekolah dalam beberapa tahun terakhir.

Martin Shell, wakil presiden Stanford mengatakan, "Ini menunjukkan kemurahan hati yang luar biasa." 

Ia menambahkan, "Pendidikan tinggi bagi kebanyakan orang merupakan harapan untuk masa depan yang lebih baik. Maka berinvestasilah di bidang itu," ujar dia seperti yang dikutip BBC.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement