Kamis 21 Feb 2013 22:48 WIB

Ratusan Warga Yahudi Terobos Masuk Makam Nabi Yusuf

Rep: Hannan Putra/ Red: Mansyur Faqih
Makam Nabi Yusuf di Nablus
Makam Nabi Yusuf di Nablus

REPUBLIKA.CO.ID, NABLUS -- Ratusan warga Yahudi menerobos masuk ke kawasan makam Nabi Yusuf di timur kota Nablus, Kamis (21/2). Aksi mereka dikawal petugas kepolisian Israel. Sehingga bisa leluasa melakukan berbagai ritual Talmud.

Saksi mata mengatakan, orang-orang Yahudi tersebut melakukan ritual berupa tari-tarian dan talmud. Mereka melakukannya di depan makam Nabi Yusuf yang terletak di kamp Balata, timur Nablus, seperti dikabarkan palinfo.com (21/2).

Warga Yahudi tersebut datang dari kamp pengungsi Balatah pukul 01.00 tengah malam. Mereka diangkut 10 bus yang dikawal patroli militer Israel. 

Warga Palestina yang mencoba menghalangi segera dihalau petugas kepolisian Israel. Akhirnya bentrokan antara polisi Israel dan warga Palestina tak terelakkan di sepanjang jalan Amman dan di gerbang utara kamp pengungsi Balathah. 

Polisi Israel juga menembakkan gas air mata ke arah warga Palestina. Sementara di pihak Palestina membalas dengan lemparan batu. Serangan polisi Israel membuat warga Palestina tersudut sampai ke pemukiman Yash Codesh. 

Dalam beberapa bulan terakhir, warga yahudi sering melakukan ritual talmud mereka di makam Nabi Yusuf setiap hari Kamis setiap bulannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement