Sabtu 23 Feb 2013 08:02 WIB

Atlet Afsel Dibebaskan dari Penjara dengan Jaminan

Rep: Gilang Akbar Prambadi/Halimatus Sa'diyah/ Red: Dewi Mardiani
Oscar Pistorius dan kekasihnya yang diduga dibunuh
Foto: telegraf
Oscar Pistorius dan kekasihnya yang diduga dibunuh

REPUBLIKA.CO.ID, PRETORIA -- Atlet Paralympic (olahraga bagi kaum cacat) Afrika Selatan Oscar Pistorius divonis bebas dari masa penahanan atas aksi penembakan kepada kekasihnya.

 

Hakim yang memimpin jalannya sidang pertama kasus ini, Desmond Nair memvonis bebas untuk Pistorius meski jaksa penuntut meminta penahanan terus dilanjutkan.

 

Dalam persidangan, hakim mengaku tidak sependapat dengan asumsi jaksa yang khawatir Pistorius  akan melarikan diri ke luar negeri bila tak dikurung.  “Anda bebas, tapi pembebasan ini harus disertai jaminan. Anda tidak diperkenankan untuk menyimpan  senjata lagi,” kata Hakim Nair di persidangan seperti dikutip dari The Sun, Sabtu (23/2).

 

Dia menambahkan, sidang berikutnya dijadwalkan pada tangga 4 Juni 2013,” lanjut Nair. Sebelumnya, Pistorius berkali-kali mengaku tak memiliki rencana sedikit pun untuk menembak sang kekasih, Steenkamp Reena hingga tewas. Kejadian yang berlangsung pada Kamis (14/2) itu dikatakan diakuinya tidak sengaja.

 

Kamis malam, Reena yang berniat memberikan kejutan valentine kepada kekasihnya ini malah ditanggapi salah oleh Pistorius. Di tengah malam, Pistorius yang sedang terlelap tiba-tiba terjaga ketika melihat sosok manusia menuju ke arahnya.  Sontak, ia kemudian kaget lalu reflex meraih pistol di dekatnya dan langsung melepaskan tembakan. Tak disangka, amunisi berkaliber 9mm yang ditembakannya mengenai kepala korban hingga tewas. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement