Ahad 24 Feb 2013 08:09 WIB

Akun Twitter Paus Benediktus XVI Akan Dinonaktifkan

Rep: Nur Aini/ Red: Fernan Rahadi
Paus Benediktus  XVI
Foto: AP/Alessandra Tarantino
Paus Benediktus XVI

REPUBLIKA.CO.ID, VATIKAN -- Akun resmi Paus Benediktus XIV di twitter akan dinonaktifkan setelah dia mengundurkan diri. Padahal, akun tersebut telah memiliki lebih dari dua juta pengikut.

Akun twitter Paus @pontifex, dibuat pada Desember 2012. Akun tersebut langsung mendapat pengikut 1,5 juta di Inggris. Sekitar satu juta pengikut lainnya berasal dari Italia, Spanyol, Jerman, Prancis, Arab, bahkan Cina.

"Tidak bisa dibayangkan seseorang dapat tetap menggunakan alat komunikasi yang sangat populer dan kuat selama masa transisi, " ungkap Radio Vatikan dilansir Al-Arabiya.

Pemimpin 1,2 miliar umat katolik tersebut akan berkicau untuk terakhir kalinya pada 27 Februari. Hari itu, dia akan melepas masa jabatannya dalam audiensi umum di St Peter Square.

Akun tersebut kemudian akan ditutup pada 28 Februari ketika Benediktus tidak lagi menjadi pemimpin gereja Vatikan. Pembuatan akun twitter untuk Paus yang pertama kali sempat menimbulkan perdebatan di Vatikan dan gereja.

Para pendukung menyatakan akun tersebut menjadi alat yang berguna untuk menyentuh generasi muda. Namun, pengamat lainnya menilai kicauannya akan mengundang ejekan.

Paus mengundurkan diri di tengah krisis yang melanda Vatikan. Institusi tersebut menghadapi skandal korupsi dan sex gay. Paus Benediktus XVI menjadi paus pertama yang mengundurkan diri sejak Gregory VII pada 1415.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement