Senin 25 Feb 2013 22:03 WIB

Ini Dia Bakso Kuda dari Swedia

Bakso babi.
Foto: lifeambrosia.com
Bakso babi.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Para peneliti Ceko telah menemukan daging kuda di dalam bakso yang dibuat di Swedia untuk Kelompok IKEA, pengecer mebel terbesar di dunia, kata pihak pengatur makanan Ceko Senin.

Pemeriksaan itu dilakukan sebagai tanggapan atas skandal yang merebak di seluruh Eropa, yang meletus bulan lalu, ketika satu pengujian yang dilakukan di Irlandia mengungkapkan beberapa produk daging sapi mengandung daging kuda.

Hal ini telah memicu penarikan-penarikan makanan siap saji dan merusak kepercayaan terhadap industri makanan yang luas dan kompleks di Eropa.

Lembaga Kehewanan Negara Ceko Negara melaporkan penemuan-penemuannya itu kepada Sistem Peringatan Cepat Uni Eropa untuk Makanan, katanya dalam satu pernyataan.

Para peneliti mengambil sampel untuk tes DNA di unit IKEA di kota Brno dari produk berlabel "bakso daging sapi dan babi", kata pernyataan itu.

Kiriman dari bakso yang diuji belum didistribusikan kepada konsumen, kata pernyataan itu.

Seorang juru bicara lembaga mengatakan ia tidak tahu apakah bakso itu juga didistribusikan di negara-negara Eropa lainnya.

IKEA mengatakan bakso itu dibuat oleh pemasok tunggal Swedia. Para peneliti juga menemukan daging kuda di burger dari Polandia

yang dicap sebagai "burger sapi pra-goreng" yang diberikan kepada pedagang makanan dan distributor BidVest Republik Ceko.

Peneliti Ceko sebelumnya telah menemukan daging kuda yang tak dicantumkan dalam satu produk lain yang dijual di pasar Ceko.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement