Rabu 27 Feb 2013 08:24 WIB

Pengusaha Australia Buat Replika Titanic

Rep: Nur Aini/ Red: Dewi Mardiani
Kapal Titanic
Foto: wormstedt.com
Kapal Titanic

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Pengusaha pertambangan Australia, Clive Palmer, meluncurkan cetak biru untuk Titanic II. Dia akan membuat replika modern dari kapal yang sebelumnya pernah tenggelam pada 1912.

Replika tersebut akan membuat desain dan dekorasi seperti Titanic asli dengan beberapa modifikasi untuk keselamatan. Kapal tersebut juga akan diberi beberapa fasilitas modern seperti AC. Dalam kapal akan dibuat tiga kelas penumpang yang tidak akan dibuat membaur.

"Saya tidak terlalu percaya takhayul. Apa pun akan tenggelam jika ada lubang di dalamnya. Saya pikir akan sangat angkuh jika mengatakan kapal tidak dapat tenggelam," ungkap Palmer, dilansir Reuters. Palmer menolak menjawab biaya proyek. Forbes memperkirakan kekayaan bersih Palmer mencapai 795 juta dolar AS pada 2012.

White Star Line, operator kapal Titanic asli, mengatakan kapalnya dirancang tidak dapat tenggelam. Namun, sekitar 1.500 orang tewas dalam pelayaran perdananya pada 1912. Kapal yang berangkat dari Southampton menuju New York tersebut menabrak gunung es di Atlantik Utara, lalu tenggelam.

Palmer mendirikan perusahaan Blue Star Line tahun lalu. Demi keselamatan, replika Titanic akan memiliki lebih dari cukup untuk ruang sekoci bagi setiap orang dan dilengkapi tangga tambahan untuk melarikan diri. Direktur penjualan Deltamarin, perusahaan Finlandia yang merancang kapal tersebut, Markku Kanerva, menyebut kapal tersebut akan menjadi kapal pesiar paling aman di dunia.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement