Kamis 28 Feb 2013 18:26 WIB

Lagi, Kepala Program Nuklir Israel Kemalingan Laptopnya

Rep: Hannan Putra/ Red: Citra Listya Rini
Bendera Israel
Foto: aujs.com.au
Bendera Israel

REPUBLIKA.CO.ID, Kepala kepala Komisi Energi Atom Israel (AEC), Shaul Horev mengaku kemalingan laptop. Ini bukan kali pertama Horev kemalingan laptopnya.

Laptop yang berhasil diberondong maling itu berisi informasi rahasia soal program nuklir Israel dan mempunyai izin keamanan tingkat tinggi. Melalui laptop tersebut juga dapat diakses secara bebas beberapa situs yang paling dijaga ketat di negara Yahudi itu.

Horev secara tertulis telah merilis pernyataannya yang mengkonfirmasi ia telah kemalingan. Selain laptop yang berisi dokumen berharga tersebut, dompet, ponsel, dan barang-barang berharga lainnya milik Horev juga lenyap diambil maling.

Sebagai kepala Komisi Energi Atom Israel (AEC), ia memiliki akses langsung ke Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. Ia juga memiliki izin tingkat keamanan tertinggi dan memiliki akses bebas ke badan rahasia Israel yang dijaga ketat. Termasuk ke intelijen Mossad yang memata-matai program nuklir Iran.

Berita kemalingan laptop Horev tersebut dilaporkan media Israel Haaretz seperti dikutip dari Alarabiya, Kamis (28/2).

Rekan kerja Horev, Matthew Fuhrmann mengatakan kemungkain Horev telah menjadi korban spionase. "Badan-badan internasional sering mencoba untuk mencuri informasi dari ponsel dan laptop, terutama dari kamar hotel pejabat waktu mereka bepergian ke luar negeri. Israel secara khusus diketahui telah melakukan ini," katanya.

Laptop itu dicuri di kediaman keluarga Shaul Horev yang mempunyai CCTV dan sensor militer. Sementara pihak kepolisian masih terus melakukan pengamatan di TKP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement