Kamis 28 Feb 2013 21:19 WIB

AS Tawarkan Bantuan Ke Oposisi Suriah

Rep: Hannan Putra/ Red: Hazliansyah
Menlu AS, John Kerry
Foto: AP PHOTO
Menlu AS, John Kerry

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Amerika Serikat menyatakan akan meningkatkan dukungan bagi Oposisi Suriah dalam menggulingkan Presiden Suriah, Bashar Al-Assad.

Hal itu dikemukakan Menteri Luar Negeri AS, John Kerry dalam pertemuannya selama satu jam di Roma dengan pemimpin koalisi oposisi Suriah, Ahmed Moaz Al-Khatib, Kamis (28/2).

"Kami sedang meneliti dan mengembangkan cara-cara untuk mempercepat transisi politik. Rakyat Suriah tengah mencari hidup yang layak. Itulah apa yang kita akan bahas di Roma," ujar Kerry sesaat sebelum pertemuannya dengan Al-Khatib, seperti dilaporkan arabnews.com (28/2).

Dalam pertemuan tersebut, John Kerry juga menawarkan bantuan kepada Al-Khatib jika memerlukan pertolongan As dalam perang melawan Assad. Ia menjanjikan Washington bisa mempercepat proses transisi politik di Suriah.

Pembicaraan AS dan Oposisi Suriah ini terselenggara dua hari sebelum pertemuan penting Koalisi oposisi Suriah pada Sabtu mendatang di Istanbul.

Rencananya, dalam pertemuan Sabtu mendatang akan dibahas pemilihan Perdana Menteri bentukan Oposisi Suriah untuk menjalankan pemerintahan sendiri atas nama Suriah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement