Kamis 28 Feb 2013 23:43 WIB

Malaysia Tuan Rumahi Perundingan Thailand- PejuangMuslim

Aparat memeriksa bekas ledakan bom mobil di belakang Hotel CS, Pattani, Thailand Selatan.
Foto: AP
Aparat memeriksa bekas ledakan bom mobil di belakang Hotel CS, Pattani, Thailand Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, DUREN SAWIT–KUALA LUMPUR--Thailand dan salah satu kelompok pejuang di bagian selatan negara itu akan membuka perundingan di Kuala Lumpur dalam dua pekan mendatang untuk mengakhiri perlawanan berdarah di kawasan tersebut.  Rencana itu disampaiakan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak pada Kamis (28/2).

Najib Razak mengungkapkan berita itu sesudah pembicaraan dengan tamu Thailand-nya, Perdana Menteri Yingluck Shinawatra. Pembicaraan itu menyusul kesepakatan yang ditandatangani pada hari sebelumnya oleh Thailand dan kelompok pejuang Barisan Revolusi Nasional (BRN) untuk memulai upaya perdamaian.

Yingluck menyatakan Thailand ingin melihat penyelesaian langgeng di provinsi perbatasan selatan itu. Dalam provinsi tersebut terjadi perlawanan sembilan tahun sejumlah kelompok bayangan menewaskan lebih dari 5.500 jiwa.

"Kita harus bergerak maju secepat mungkin," katanya dalam jumpa pers di kantor pusat pemerintah Malaysia, Putrajaya.

Yingluck berada di Malaysia tetangganya untuk pembicaraan tahunan dengan Najib tentang masalah dwipihak. Pada tahun ini, mereka berpusat pada perlawanan keras di sepanjang perbatasan kedua negara itu.

Mayoritas warga provinsi selatan Thailand, yakni suku Melayu Muslim, tersinggung karena diperintah oleh suku Siam Buddha. Wilayah itu dilanda hampir setiap hari serangan senjata dan bom gerilyawan, yang selam ini mencari otonomi lebih besa namun ditolak Thailand.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement