Jumat 01 Mar 2013 14:19 WIB

AS dan Korsel Gelar Latihan Militer Gabungan

Latihan gabungan AS-Korsel
Latihan gabungan AS-Korsel

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Ribuan tentara Amerika Serikat dilaporkan telah berkumpul di Korea Selatan pada Jumat untuk mengikuti pelatihan militer gabungan.

 

Seperti dilaporkan AFP, Jumat (1/3), pelatihan gabungan matra udara, darat, dan laut itu bernama sandi "Foal Eagle". Pelatihan itu akan berlangsung hingga 30 April dan melibatkan lebih dari 10 ribu tentara AS dan personel militer Korsel.

"Tentara AS dari berbagai pangkalan di AS, Pasifik, dan Jepang berkumpul di Korsel," kata seorang perwira yang dikutip oleh kantor berita Yonhap.

AFP belum dapat segera memperoleh konfirmasi tentang dimulainya pelatihan itu tetapi pengumuman Kementerian Pertahanan Korsel baru-baru ini menyebutkan pelatihan gabungan dimulai pada Jumat.

Secara terpisah pasukan AS dan Korsel akan melakukan pelatihan simulasi dengan komputer pada 11-21 Maret, yang melibatkan 3.500 tentara AS dan 10 ribu tentara Korsel.

Pelatihan gabungan itu berlangsung ketika ketegangan meningkat di Semenanjung Korea menyusul uji nuklir ketiga Korea Utara.

Pyongyang seperti biasa mengutuk pelatihan itu sebagai ajang untuk invasi, tetapi Seoul dan Washington menyatakan mereka berbuat untuk pertahanan diri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement