Jumat 01 Mar 2013 15:54 WIB

Iran: Negosiasi Nuklir Capai Titik Balik

Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi.
Foto: AP
Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi.

REPUBLIKA.CO.ID, WINA -- Negosiasi Iran dengan sejumlah negara besar mengenai sengketa program nuklir telah mencapai titik balik pada pekan ini. Demikian kata Menteri Luar Negeri Iran, Ali Akbar Salehi, pada Kamis.

"Saya menyebutnya tonggak peringatan, sebuah titik balik dalam negosiasi," kata Salehi kepada stasiun televisi Austria, ORF. "Kami sama-sama berusaha mencapai tujuan yang dapat memuaskan kedua belah pihak. Saya sangat optimistis.''

Salehi mengatakan bahwa dia sangat yakin persetujuan dapat diraih. Tapi, dia tidak memberikan detail lebih lanjut mengenai pembicaraan di Kazakhtan. Dia hanya mengatakan fakta bahwa negosiasi akan dilanjutkan di bulan depan menunjukkan bahwa proses tersebut telah mengalami kemajuan.

Dalam wawancara terpisah dengan Kantor Berita Austria (APA), Salehi dimintai keterangan soal langkah Iran memperkaya uranium sampai ke tingkat kemurnian 20 persen. Sebuah kebijakan Iran yang menjadi kekhawatiran utama negara-negara Barat.

Iran mengatakan bahwa mereka mempunyai hak untuk memperkaya uranium demi tujuan damai. Negara tersebut juga ingin memasok bahan bakar nuklir untuk pembangkit listrik sehingga dapat mengekspor minyak bumi lebih banyak.

Namun, tingkat kemurnian 20 persen jauh melebihi keperluan untuk membangkitkan listrik. Hal itulah yang menjadi kekhawatiran negara Barat karena hanya dibutuhkan sedikit langkah lagi untuk sampai pada tingkat pembuatan senjata nuklir.

Iran menjawab kekhawatiran Barat tersebut dengan mengatakan bahwa produksi tingkat uranium yang lebih tinggi ditujukan untuk memasok energi bagi reaktor penelitian.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement