Rabu 06 Mar 2013 04:08 WIB

Ini Bukti India dan Pakistan Mulai Bersahabat

Bendera India dan Pakistan
Foto: freepresskashmir.com
Bendera India dan Pakistan

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI---Perdana Menteri Pakistan Raja Pervez Ashraf akan mengunjungi India untuk pertama kali pada pekan ini untuk ziarah sepanjang hari ke tempat suci Muslim, kata pejabat di kedua negara.

"Perdana menteri Pakistan akan berada di India pada Sabtu. Itu adalah kunjungan pribadi dan ia akan didampingi oleh keluarga dan pejabat lain," kata pejabat pemerintah India dengan syarat tak disebut jati dirinya.

"Dia tidak diperkirakan untuk menemui pemimpin politik India. Ini jelas merupakan perjalanan religius dan spiritual," katanya kepada AFP.

Ashraf dan keluarganya diperkirakan akan berdoa di kuil suci Sufi Hazrat Khwaja Gharib Nawaz Sharif di Ajmer, sekitar 400 kilometer di bagian barat New Delhi.

Seorang pejabat senior pemerintah Pakistan menegaskan bahwa Ashraf akan melakukan kunjungan pribadi ke India pada Sabtu, namun mengatakan rincian jadwal sedang diselesaikan.

"Rincian, termasuk programnya, apa yang ia akan lakukan di sana dan siapa dia akan bertemu, sedang dikerjakan," kata pejabat itu kepada AFP dengan syarat tak disebut namanya.

Ashraf akan menjadi pejabat Pakistan paling senior untuk mengunjungi India sejak April lalu ketika Presiden Asif Ali Zardari memulai ziarah yang sama dan kemudian melakukan makan siang dengan Perdana Menteri Manmohan Singh.

Ketegangan-ketegangan antara negara tetangga bersenjata nuklir itu berada di bawah tekanan terbaru pada Januari ketika enam tentara tewas dalam tembak-menembak di sepanjang perbatasan de facto di Kashmir, satu wilayah yang diklaim oleh kedua negara.

Situasi telah tenang sejak gencatan senjata disepakati antara kedua tentara pada akhir Januari. India dan Pakistan terlibat dua dari tiga perang mereka atas Kashmir.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement